Gerakan Yoga pada saat Travelling

Yoga pada saat Travelling yang memudahkan kita untuk tetap berolahraga walaupun sedang ada di luar kota. Seperti ketika saya dengan team langkahkami  menghabiskan akhir pekan di Bandung. Saya selalu menyempatkan melakuakan  gerakan-gerakan sederhana yang ditampilkan di foto yang ada dibawah in.

Memasuki Tahun 2017, tentu ada banyak harapan dan keinginan yang hendak kita capai yang tertuang dalam resolusi pribadi. Dan hampir dipastikan salah satu nya adalah berusaha untuk hidup lebih sehat.

Gaya hidup sehat dapat dijabarkan dengan pola makan teratur, berolahraga rutin, istirahat yang cukup dan mengurangi tingkat stress.

Tetapi sering kali ditengah jalan kita menghadapi banyak kendala. Diantaranya rutinitas, jadwal trip atau kegiatan kantor yang mengharuskan kita ke luar kota. Menjadikan alasan buat kita sulitnya berolahraga.

“Ketika sedang berada di luar kota, mana sempat berolahraga”.

Mungkin itu ucapan yang sering saya dengar dari sebagian orang. Begitu juga dengan saya.

Tetapi kalau aktivitas di luar kota lebih banyak, kapan sempatnya dong kita berolahraga. Yang ada goal kita mencapai hidup sehat terkendala dong yach? Tenang, jangan panik dulu.

Sebenarnya ada banyak gerakan yoga pada saat travelling yang bisa kita lakukan. Dan berikut ini adalah gerakan sederhana yang saya lakukan pada saat trip dan menginap disalah satu hotel yang ada di Bandung. Dimana di tempat tidurpun bisa kita lakukan.

Gerakan Yoga di Tempat Tidur.

1. Gerakan untuk punggung.

Disepanjang perjalanan mencapai tujuan, apakah itu menggunakan transportasi udara, laut, ataupun darat. Kebanyak kita menghabiskan waktu lebih banyak duduk. Sehingga posisi duduk tersebut membuat punggung kita menjadi kaku dan pegal.

Pada saat berada di penginapan apakah itu mau tidur ataupun setelah bangun, saya akan melakukan gerakan seperti yang ada di foto yang ada dibawah ini.

Posisi duduk dengan kaki dilipat dengan telapak kaki kearah belakang. Kemudian badan direbahkan sampai punggung menyentuh ranjang. Dan tangan ditaruh diatas kepala.

Rasakan punggung bagaikan diluruskan dan dipijat-pijat. Dan bisa dipastikan paha dan kaki ketarik. Tetap dalam posisi ini selama 1 menit. Pegal di punggung perlahan-lahan hilang.

gerakan yoga pada saat travelling 1

2. Gerakan untuk kaki.

Disepanjang perjalanan dan menuju tujuan, mengharuskan kita untuk berjalan kaki, menyebabkan kaki kita menjadi lelah. Kebanyakan berdiri dan berjalan kaki membuat peredaran darah kita tidak lancar dan hanya berpusat diarea bawah badan.

Untuk menetralisir dan menghindari kaki kita bengkak, kita dapat melakukan gerakan seperti foto dibawah ini.

Angkat kaki lebih tinggi daripada posisi badan kita. Kalau saya seperti yang ada di foto, kaki saya angkat searah 90 derajat.  Selain untuk memperlancar aliran darah, gerakan ini juga berfungsi untuk melemaskan otot-otot paha dan kaki.

gerakan yoga pada saat travelling 2

3. Gerakan untuk tangan.

Pegal-pegal diarea tangan dan bahu akibat mengangkat barang bawaan ataupun tas yang kita bawa kemana-mana. Dapat diatasi dengan gerakan yang ada dibawah ini.

Tangan dikepal dan ditaruh diatas kepala. Posisinya strech, sehingga otot-otot yang ada di lengan ketarik. Dan keluhan pegal-pegal dapat diatasi. Gerakan ini juga dapat divariasikan dengan mengubah posisi tangan tidak hanya lurus diatas kepala tapi dapat juga kearah depan, samping kanan dan kiri.

gerakan yoga pada saat travelling 3

4. Gerakan untuk punggung dan kaki.

Gerakan yang cukup sederhana dan dapat dilakukan diatas tempat tidur salah satu nya gerakan ini. Sambil nonton TV kita dapat meluruskan kaki, kemudian badan dicondongkan kedepan sehingga bibir kita dapat menyentuh lutut kaki.

Gerakan ini sangat baik untuk menghilangkan pegal-pegal pada kaki dan punggung.

gerakan yoga pada saat travelling 4

5. Gerakan untuk ketenangan.

Diakhir gerakan biasanya saya tutup dengan posisi meditasi seperti ini, dimana kaki dilipat, mata ditutup dan badan relaks. Gerakan ini adalah gerakan untuk ketenangan dan menghilangkan lelah setelah sepanjang hari melakukan aktivitas.

Dengan posisi meditasi pikiran kita tenang dan nantinya tidurpun nyenyak.

gerakan yoga pada saat travelling 5

Walaupun berada di luar kota kita masih punya kesempatan untuk berolahraga. Setidaknya dengan gerakan yoga pada saat travelling yang sudah saya jabarkan diatas dapat membantu teman-teman untuk tetap menjalankan pola hidup sehat tanpa menghalangi aktivitas travelling kita.

2 Comments

  1. BaRT Februari 6, 2017
    • Adelina Tampubolon Februari 7, 2017

Leave a Reply