Gerakan Yoga untuk otot yang kaku

Beberapa hari belakangan cuaca dingin akibat hujan terus menerus, ditambah aktivitas kantor yang lumayan padat membuat tubuh sulit untuk diajak bergerak. Yang ada badan menjadi kaku. Berikut adalah gerakan yoga untuk otot yang kaku.

Pigeon Pose

Gerakan pertama yang terlintas dibenak saya ketika badan saya pegal adalah Pigeon Pose. Gerakan ini memungkinkan tubuh saya waspada walaupun temperatur tubuh saya belum panas. Pigeon pose dapat dijadikan gerakan awal sebelum kita melakukan gerakan-gerakan lainnya.

Dengan melipat salah satu kaki kedepan sedangkan kaki lainnya lurus kebelakang. Badan didorong kebelakang sehingga membentuk punggung melengkung. Dada dibusungkan kedepan dan kepala mendongak kebelakang.

Secara otomatis kedua kaki ketarik dan kencang. Punggung stretching , paru-paru bekerja maksimal karena rongga dada kebuka. Tenggorokan aktif dan wajah pun kencang. Dengan gerakan pigeon pose perlahan otot yang kaku khususnya di area punggung dan kaki meregang.

Di posisi ini atur nafas panjang dan dalam, jangan terburu-buru dan tetap dalam posisi ini selama 5 – 10 nafas. Kemudian ganti kaki dan lakukan seperti langkah diatas.

 

Camel Pose

Tubuh tegak dengan posisi lutut ditekuk. Kemudian perlahan-lahan badan dijatuhkan kebelakang dengan tangan menumpu pada tumit. Kemudian dorong pinggul kita kedepan. Karena posisi tubuh kebelakang membuat seluruh tubuh kita condong kebelakang, oleh karena itu kita harus imbangi dengan mendorong pinggung kedepan. Sehingga punggung menjadi lengkung dan dada terbuka.

Rasakan tangan ketarik, bokong kencang dan paha bagian belakang pun kuat. Hampir sama dengan pigeon pose, gerakan ini membuat rongga dada terbuka karena dada dibusungkan, otot-otot di area tenggorokan aktif dan wajah pun kencang.

Gerakan seperti ini adalah gerakan untuk awet muda dan mencegah tiroid dikarenakan leher dan tenggorokan bekerja dengan maksimal.

 

Lord of Dance

Diantara semua gerakan yoga yang menurut saya paling indah adalah lord of dance. Selain indah, gerakan ini adalah salah satu gerakan yoga untuk otot yang kaku.

Pada saat melakukan gerakan lord of dance diusahakan lutut lurus dan tidak ditekuk. Salah satu tangan meraih kaki sehingga badan kita melengkung. Dengan gerakan ini otomatis punggung ketarik dan badan membentuk huruf O, dimana pada foto diatas punggung saya belum sempurna. Saya masih butuh latihan yang lebih intensif lagi agar badan saya membentuk huruf O.

Jika telah stabil di pose ini beberapa nafas maka kita akan lakukan dengan kaki yang satunya lagi. Akibat strect diarea kaki, paha, punggung dan tangan secara otomatis otot bagian tersebut yang kaku akan  kembali bekerja dengan baik. Maka pegal pun bisa dipastikan akan hilang.

Lord of Dance selain sebagai gerakan yoga untuk otot yang kaku, gerakan ini juga bermanfaat sebagai kestabilan dan meningkatkan fokus. Karena untuk dapat stabil diposisi ini dalam waktu yang cukup lama dibutuhkan kestabilan dan fokus yang tinggi.

Boat Pose

yoga di taman terbuka 1

Belakangan ini aktivitas dikantor membuat saya lebih banyak berdiri dan berjalan kaki, sehingga yang ada kaki dan paha saya sering pegal. Setibanya di rumah saya akan melakukan boat pose. Sambil menonton televisi saya mengangkat kaki sehingga tubuh saya menyerupai kapal.  Foto diatas adalah salah satu variasi dari boat pose. Kita dapat melakukan latihan yang kita rasa pas buat tubuh kita.

Kalau saya, variasi boat pose diatas adalah gerakan yang paling sesuai dengan saya untuk meregangkan otot kaki yang kaku atau pegal. Pada saat melakukan boat pose dibutuhkan konsentrasi yang tinggi dan juga kestabilan tubuh. Jika tidak, badan kita akan cenderung jatuh kebelakang.

Jika sudah stabil di posisi boat pose, tahan selama 5 – 10 nafas, dan rasakan otot-otot disekitar kaki dan punggung bekerja.

Cat Pose

Cat Pose adalah gerakan yang sangat sederhana tapi besar manfaatnya. Khususnya bagi teman-teman yang punya masalah syaraf kejepit saya sarankan untuk rutin melakukan gerakan ini. Dimana dengan latihan ini tiap bagian dari tulang punggung kita akan terasa dipijat. Yang mana akan membuat sistem peredaran darah disepanjang tulang punggung menjadi lancar. Dan mengaktifkan syaraf-syaraf yang ada disepanjang tulang punggung. Sehingga secara otomatis kaku di area punggung pun hilang.

Cat pose ini terdiri dari 2 gerakan yaitu membentuk punggung berbentuk U seperti yang ada di foto dan mengangkat punggung menyerupai huruf U terbalik. Kedua gerakan dilakukan secara bergantian.

Kelima gerakan diatas menurut saya sudah mewakili gerakan yoga untuk otot yang kaku. Terutama untuk otot-otot disekitar punggung, paha, lengan dan kaki. Dan gerakan tersebut tidak membutuhkan waktu yang lama tapi sangat efektif menghilangkan pegal-pegal. Selamat mencoba dan semangat terus untuk berlatih yach.

Leave a Reply