5 gerakan yoga yang wajib dilakukan di pagi hari

Hari yang baru datang lagi dan tiap kali berkunjung dihalaman ini pasti ngomongin yoga lagi dan lagi. 5 gerakan yoga wajib di pagi hari akan sangat membantu teman-teman untuk semangat dan fit sepanjang hari.

“Duh kenapa sich diingatin olahraga padahal kan saya lagi malas nich apalagi baru bangun tidur, semalam hujan dan mata masih ngantuk”.

“Boro-boro ingat olahraga, baju yang mau dipakai hari ini aja aja masih belum kepikiran. Belum lagi bangun telat dan mesti ngejar angkutan biar nga terlambat absen di kantor. Hiksss..”

Mungkin itu beberapa cerita yang dikeluhkan teman-teman saya tiap kali diingatin untuk berolahraga pagi. Kadang mereka nya sudah daritadi bangun tapi rasanya untuk beranjak dari tempat tidur itu bukan main malasnya. Ya.. ya.. saya ngerti koq, apa yang ada dibenak teman-teman.

Tapi selang beberapa lama kemudian yang bersangkutan nanya balik, “koq yach kamu pagi-pagi sudah semangat bangat sich” atau “seharian badanku pegal dan bawaannya ngantuk mulu, gimana yach supaya pagi hari badan segar dan semangat beraktivitas?”

Kalau dikasih pertanyaan seperti itu yach saya pasti jawabnya olahraga. Rasanya tidak ada obat yang lain selain olahraga. Dan karena saya tau nya yoga, yang ada jawabannya nga jauh-jauh dari yoga. Saya pasti dengan senang hati menerangkan gerakan yoga wajib di pagi hari.

Ngomong-ngomong tentang olahraga, kenapa lebih memilih di pagi hari dan bukan di malam hari? Sebenarnya jawabannya tergantung kepada kebiasaaan dan gampang bagi teman-teman sich.

Kalau yang ditanya saya, pasti lebih senang melakukan olahraga di pagi ketimbang malam. Karena saya punya kebiasaan bangun pagi dan jedah waktu antara bangun dan berangkat kantor agak panjang. Daripada saya tidur lagi bisa kebablasan dan jatuh-jatuhnya badan saya jadi lemas karena kebanyakan tidur.

Gerakan Yoga wajib di pagi hari

Jadi jika punya waktu hanya sedikit di pagi hari, kira-kira gerakan apa yang mesti dilakukan yang dapat membuat badan fit.

 

1. Downward Facing Dog Pose

Downward Facing Dog Pose adalah posisi badan dimana tangan dan kaki menyentuh matras dan badan menyerupai huruf V terbalik. Disini punggung dan kaki ketarik dengan posisi yang berlawanan. Punggung ketarik kedepan dengan tumpuan berada di tangan. Sedangkan kaki dan paha ketarik kebelakang dengan tumpuan di kaki.

Pada posisi ini sering sekali tumit sulit untuk menapak ke matras. Kebanyakan yang saya perhatikan tumit ikut kebawa kedepan sehingga tumit menggantung atau jinjit. Leher dibuat serileks mungkin dan jatuhkan kepala kebawah dan fokus perhatian berada di bawah pusar.

Kenapa demikian karena energi panas ada dibawah pusar dan jika itu diaktifkan dengan mengatur nafas yang panjang dan dalam selama 5 nafas, badan akan cepat panas walaupun hanya melakukan gerakan Downward Facing Dog Pose.

Variasa lain dari Downward Facing Dog Pose adalah dengan mengangkat salah satu kaki secara bergantian. Pada saat salah satu kaki diatas tahan posisi tersebut dalam 5 nafas kalau sudah selesai dapat diganti dengan kaki satunya lagi.

Gerakan ini akan sangat membantu membangunkan seluruh panca indera kita walaupun kita masih dalam kondisi mengantuk ataupun malas-malasan.

2. Plank Pose

Gerakan Plank adalah gerakan yang menuntut stamina dan kekuatan otot. Dengan melakukan plank pose otomatis badan akan mulai panas. Tangan, paha, kaki, punggung semuanya bekerja dengan maksimal. Pandangan dan fokus perhatian arahkan ke depan dan sejajar dengan mata. Tahan posisi ini dalam 5 nafas yang panjang dan dalam. Rasakan semua otot ketarik dan nikmati dengan memusatkan perhatian pada nafas.

Dalam posisi plank pose saya akan merasakan peluh keringat sedikit demi sedikit menetes dari kening dan seluruh badan saya. Pose ini membuat saya berenergi dan tumpuan badan tertuju ke tangan dan kaki.

Jika saya rajin, saya akan melanjutkan plank pose dengan gerakan chaturanga. Plank pose dan chaturanga adalah paket yang paling pas dan merupakan gerakan yoga wajib dilakukan di pagi hari untuk perkuatan otot dan meningkatkan stamina atau energi.

3. Utthita Parsvakonasana

Kaki dan tangan membusur sejajar membentuk garis lurus. Salah satu kaki ditekuk dengan sudut 90 derajat. Dimana salah satu kaki dan tangan berdekatan. Badan dicondongkan kebelakang dan pandangan mengarah ke tangan atas.

Yang saya rasakan ketika melakukan gerakan utthita parsvakonasana adalah tangan dan kaki saya ketarik. Paha dan lutut juga berasa dan hip juga terbuka.

Untuk pemula dapat melakukan gerakan ini dengan menyandar ke dinding agar berat badan tidak cenderung ke depan melainkan kebelakang. Jika sudah diposisi ini selama 5 nafas dapat berpindah posisi bergantian dengan posisi sebelumnya.

4. Prasarita Padottanasana

Prasarita Padottanasana adalah gerakan yoga wajib di pagi hari karena pada saat kita bangun sering kali tubuh kita berasa pegal. Akibat ketika tidur posisi badan kita salah. Cenderung miring ke kanan atau ke kiri. Dengan melakukan Prasarita Padottanasana kita membenarkan posisi badan akibat posisi tidur yang salah.

Caranya adalah kedua kaki dibuka selebar mungkin, dimana jari-jari kaki menghadap kedepan atau paralel. Badan perlahan-lahan turunkan kebelakang setelah sebelumnya tangan ditaruh dibelakang dan dikepal. Setelah itu leher dan kepala rileks dan jatuhkan kebawah sehingga menyentuh matras. Kemudian tangan perlahan-lahan ditaruh didepan badan. Sehingga posisi menyerupai foto diatas.

Yang paling berasa pada gerakan ini adalah paha depan dan belakang serta tangan yang ditekuk kedepan. Tahan diposisi ini 5 nafas dan rasakan setiap bagian dari paha, kaki, tangan dan punggung dipijat-pijat dan ketarik.

5. Istirahat dalam posisi meditasi

Setelah lelah melakukan gerakan diatas, kita dapat menyelesaikan dan menutup gerakan dengan cara duduk bersila dan melakukan meditasi. Posisi istirahat adalah gerakan wajib dalam yoga. Dimana dengan duduk dan bermeditasi badan yang tadinya dilatih diistirahatkan. Dan yang paling utama adalah pikiran kita. Dengan me-release pikiran otomatis penat yang ada ditubuh kita pun ikut terlepas.

Saya sangat menganjurkan untuk teman-teman yang khususnya bermasalah dengan olahraga, ada baiknya memulai latihan dengan gerakan yang ada diatas. Dengan 5 gerakan yoga wajib di pagi hari saya merasakan badan saya fit dan siap menghadapi hari sebanyak apapun aktivitas yang saya lakukan.

Leave a Reply