Ide Travel Outfit dari MUFFEST 2017

Assalamualaikum. Halo teman-teman Langkah Kami. Kemarin baru saja berlangsung Muslim Fashion Festival (MUFFEST) 2017 di Jakarta Convention Center (JCC). Saya datang di hari Sabtu, 9 April 2017 untuk menyaksikan pagelaran busana dari Islamic Fashion Institute di siang hari dan Youniverse dari Wardah pada malam harinya. Nah, dari kedua pagelaran busana dalam MUFFEST 2017 tersebut, saya mendapatkan beberapa referensi yang bisa dijadikan ide sebagai pilihan travel outfit.

Meskipun tajuk MUFFEST 2017 merupakan muslim fashion, beberapa travel outfit yang akan ditampilkan dalam post ini wearable juga untuk yang tidak mengenakan jilbab. Lagipula modest fashion sedang menjadi trend, jadi tak ada salahnya mengenakan pakaian yang full covered.

Ide travel outfit ini memang berasal dari fashion show, namun ide outfit yang saya pilih dalam post ini merupakan travel outfit yang cukup wearable untuk dikenakan oleh siapa saja. Bisa kalian pilih mana yang lebih sesuai dengan kepribadian masing-masing.

Salah satu karya Anniesa Hasibuan dalam koleksi Tranquilla yang ditampilkan dalam rangkaian peragaan Youniverse ini memang sangat manis. Pilihan basic outfit seperti ini sangat cocok dikenakan oleh penyuka rok. Nah, untuk yang tidak berjilbab, kalian bisa mengaplikasikan ide travel outfit ini dengan bawahan yang lebih pendek. Untuk atasannya saya rasa akan lebih cocok tetap berlengan panjang supaya kesan cute yang didapatkan dari warna pink lebih modest.

Koleksi dari Deden Siswanto, Bolivarymien, dibawakan dengan memakai topi oleh setiap model. Topi-topi tersebut mengingatkan saya pada nuansa liburan. Dari keseluruhan tampilan outfit yang dipearagakan, saya memilih outfit dengan earth tone color ini untuk dijadikan referensi outfit travelling. Warna dengan earth tone cenderung cocok untuk siapa saja. Namun cutting atasan yang dihiasi beltdibentuk pita dengan bawahan celana cullot ini sepertinya akan lebih cocok dikenakan para wanita yang sudah relatif matang. Tampilan ini sangat modest, namun tetap mudah untuk bergerak. Bisa menjadi solusi penampilan liburan untuk ibu muda yang bepergian dengan anak kecil.

Jaring-jaring, jala-jala atau fishnet ini belakangan disebut-sebut kembali menjadi trend. Fishnet yang bisanya memberikan kesan nakal, justru menambah kesan modest pada tampilan dari Ai Sulistiani, salah satu designer dari IFI. Material atasan dan bawahan yang dikenakan juga kelihatan sangat nyaman. Outfit ini saya rasa akan sangat cocok dikenakan saat musim gugur di negara empat musim. Kalau liburan di Indonesia, bisa dikenakan di musim hujan karena tampilan ini memberikan kesan hangat.

 Liburan atau travelling tak melulu ke destinasi outdoor. Jika teman-teman sedang liburan dengan agenda formal, outfit dari Ingga Bia ini bisa banget kalian pilih. Warna putih dan cokelat selalu cocok untuk event formal. Ada undangan kondangan ke luar kota? Sekalian aja jadikan agenda jalan-jalan menyusuri kota tersebut. Preppy chic look seperti ini tak terlalu mencocok digunakan untuk menyusuri kota, tapi juga sudah sangat pantas untuk dikenakan pada event formal maupun semi formal.  Referensi terakhir merupakan koleksi dari Rani Hatta. Outfit ini bisa dijadikan ide saat berkunjung ke negara dengan musim dingin. Cocok sekali dikenaka saat sudah menjelang spring. Tulle dengan tight dan boots ini memberikan kesan strong, sekaligus nampak cantik dan elegan. Kemeja putih memang must have item yang harus dimiliki oleh setiap wanita. Padukan dengan vest tebal yang melindungi diri kita dari udara dingin sekitar. Vest dari koleksi Crossing by Rani Hatta ini bisa dijadikan fashion statement yang semakin membuat pilihan bawahan tulle dan tight menjadi semakin chic. Well, jangan lupa kenakan topi supaya kepala terlindungi kalau-kalau ada hujan salju.

Nah, gimana referensing outfit untuk travellingnya? Ada beberapa pilihan yang mewakili berbagai karakter yang bisa teman-teman pilih. Ide travel outfit manakah yang jadi favoritmu?

Oiya, semua model di sini mengenakan heels ya. Bagi saya, liburan itu biasanya banyak jalan kaki. Jadi sebisa mungkin mengenakan alas kaki yang nyaman. Flat shoes atau wedges dengan tinggi 3cm saya rasa akan lebih cocok dikenakan untuk liburan. Sedangkan untuk boots, bisa pilih yang platformnya tak terlalu tinggi saja, supaya kaki tidak cepat capek saat jalan-jalan.

Lebih suka tampil casual saat liburan? Postingan ini bisa jadi referensi: Travel with Hijab.

Foto-foto kini tak bisa dipisahkan dari liburan. Makanya nggak ada salahnya pergi liburan dengan pakaian yang kece, tapi tentunya harus tetap nyaman ya. Kalau travel outfit kita kece, foto-foto jadi lebih pede dong. Kenang-kenangan atas memori di suatu tempat juga makin menyenangkan untuk diingat kalau hasil fotonya bagus. Tapi, selain outfit kece dan foto, hal utama dari travelling adalah menikmati perjalanan dan destinasi yang dituju. Jadi jangan sampai melupakan tujuan utama kalian travelling ya. 😀

Leave a Reply