Olahraga untuk mempersiapan diri melakukan perjalanan

Olahraga dan perjalanan adalah 2 komponen yang wajib bagi saya. Walaupun jarak perjalanan yang saya tempuh tidak terlalu jauh dari tempat saya tinggal, tetapi tetap bagi saya itu masih masuk kategori perjalanan. Dan untuk itupun saya harus mempersiapkan diri melakukan olahraga menjelang perjalanan.

Kadang kala perjalanan yang saya lakukan tidak hanya sekedar datang kesuatu tempat dan masuk ke desa untuk blusukan. Tetapi ada saatnya ketika merencanakan suatu perjalanan, saya menyempatkan diri untuk diving,  trekking dan hiking.

Dalam beberapa bulan mendatang saya mempunyai rencana untuk melakukan perjalanan yang cukup melelahkan fisik. Oleh karena itu dibutuhkan persiapan diri dengan melakukan olahraga, antara lain:

1. Jalan Kaki dan Lari.

Jalan kaki dan lari adalah olahraga yang sangat efektif dan berbiaya murah. Dimana dengan meluangkan waktu di pagi dan sore hari kita bisa berlatih kapan pun dan dimanapun kita berada. Dengan bermodalkan pakaian dan sepatu yang nyaman kita sudah bisa melakukan olahraga.

Berjalan kaki dan lari mempunya manfaat yang sangat baik bagi tubuh. Telah banyak artikel dan study mengenai manfaat berjalan kaki dan berlari. Tapi yang pasti dengan berjalan kaki dan berlari tubuh kita menjadi sehat dan bugar akibat lancarnya peredaran darah. Jika dihubungkan dengan perjalanan, olahraga jalan kaki dan lari sangat membantu stamina tubuh kita dalam menghadapi beratnya suatu perjalan.

Mungkin masih banyak diantara kita yang berargumen karena tidak mempunyai waktu luang untuk berjalan kaki ataupun lari. Tidak menjadi soal. Kita bisa mengakalinya kegiatan berolahraga jalan kaki dan berlari disela-sela perjalanan menuju ataupun keluar atau disepanjang perjalanan dari ataupun ke kantor.

Kebetulan karena saya bekerja diperusahaan konstruksi, dengan berjalan kaki mengitari lapangan proyek setiap hari rasanya badan sudah bergerak dan berolahraga.

 

olahraga untuk mempersiapkan diri menjelang trip 5

olahraga untuk mempersiapkan diri menjelang trip 6

2. Berenang

Aktivitas perjalanan saya hampir tidak pernah terpisahkan dengan diving atau menyelam. Dikarenakan saya harus menghabiskan jatah log book saya demi kelanjutan sertifikat diving. Oleh karena itu mau tidak mau saya harus selalu mempersiapkan diri melakukan olahraga menjelang perjalanan.

Beberapa bulan sebelum trip saya sudah harus menjadwalkan kegiatan berenang minimal satu kali seminggu sebelum keberangkatan.

Didalam olahraga berenang, nafas adalah bagian yang sangat ditekankan. Dimana aktivitas dan lamanya waktu kita menahan nafas didalam air akan mempengaruhi kapasitas dan kerja organ-organ disekitar paru-paru. Dengan berenang, kita dapat mengenal kemampuan tubuh kita untuk mengontrol serta mengendalikan kekuatan dan kapasitas paru-paru.

Dimana ketika kita mengagendakan kegiatan diving, free diving, trekking dan hiking dalam perjalanan tubuh harus terlebih dahulu fit dan bugar. Kekuatan dan memperbesar kapasitas paru-paru harus rutin dan selalu dilatih. Dan olahraga yang sangat cocok untuk aktivitas tersebut adalah berenang.

 

olahraga untuk mempersiapkan diri menjelang trip 1

olahraga untuk mempersiapkan diri menjelang trip 2

3. Yoga

Mungkin sudah berlembar-lembar halaman yang saya tuliskan mengenai yoga dan manfaatnya. Sehingga image saya tidak pernah lepas dari yoga. Olahraga yoga telah banyak mambantu saya untuk tetap menjalani hidup sehat dan bugar.

Bagitu juga dalam hal perjalanan, sebisa mungkin saya berusaha untuk tidak absen berlatih. Dan yoga menjadi agenda olahraga menjelang perjalanan yang rutin saya lakukan. Dengan yoga, saya melatih tubuh fisik, mental dan pikiran saya dalam menghadapi apapun jenis perjalanan yang nantinya saya jalankan.

Seringkali perjalanan yang kita rencanakan tidak sesuai dengan harapan dan keinginan kita. Jika berada dalam kondisi tersebut saya akan melipat kaki dan duduk bersila dalam posisi meditasi. Menetralkan pikiran dan tubuh saya untuk belajar menerima dan menjalani sisa perjalanan dengan hati gembira. Bukan dalam keterpaksaan tetapi sungguh-sungguh menerima kondisi tersebut menjadi bagian pembelajaran hidup.

olahraga untuk mempersiapkan diri menjelang trip 3

olahraga untuk mempersiapkan diri menjelang trip 4

Mungkin ada beberapa jenis aktivitas lain yang bisa dijadikan kegiatan olahraga menjelang perjalanan. Tapi yang menurut saya relevan dan cocok serta efektif untuk saya latih dan lakukan adalah ketiga olahraga diatas.

Dengan mengkombinasikan kegiatan berjalan kaki dan lari, berenang serta yoga sebagai kegitan olahraga menjelang perjalanan. Memastikan tubuh saya siap untuk melakukan aktivitas perjalanan yang akan saya tempuh. Selamat merencanakan perjalanan yach teman-teman dan Happy Holiday.

Leave a Reply