Tetap Sehat walau sedang berlibur

Ketika hendak berlibur sering kali kita mengalami kendala untuk tetap menjalani hidup sehat.  Disini saya tidak membuat teman-teman tersiksa dan merasa bersalah karena melanggar aturan diet yang selama ini kalian jalani. Sebenarnya banyak hal lain yang bisa kita lakukan sehingga kita tetap sehat walau sedang berlibur.

Selama berlibur yang pasti kita harus dan kudu merasakan kenikmatan masakan khas yang ada di tempat atau daerah yang kita kunjungi. Yach masa demi diet, kita menolak semangkok mie kocok Bandung atau Batagor Kingsley yang tersohor itu.

Namanya juga sedang libur yach mesti puas dong menikmati pemandangan dan sajian kuliner yang menjadi khas daerah yang kita kunjungi. Yang ada kita jadi orang aneh menolak makanan enak sedangkan kita nya sendiri nga tau kapan lagi akan berkunjung ketempat ini.

Berikut ini beberapa hal yang bisa saya bagikan perihal tetap sehat walau sedang berlibur:

1. Bangun pagi.

Karena saya sudah terbiasa bangun pagi yaitu jam 5, yang ada setiap kali saya berlibur jam biologis tubuh saya tetap mengikuti jam tersebut.

Ketika saya dan teman-teman langkahkami.com berlibur ke Bandung, saat itu kami menginap di Hotel Sheraton Bandung. Dan disana tersedia kolam renang dan ruang fitness yang cukup lengkap buat pengunjung untuk berolahraga.

Berhubung sudah bangun pagi, saya langsung turun menuju lantai dimana ada kolam renangnya. Dan menikmati fasilitas olahraga yaitu berenang dan ber-yoga disana. Dengan berolahraga di pagi hari saya sudah memulai hari  dengan membekali tubuh saya untuk mengeksplore keindahan Bandung.

tetap sehat walau sedang berlibur 2

2. Sarapan buah dan sayur.

Setelah berolahraga dan kemudian mandi, kami pun menyantap sarapan yang disediakan oleh Hotel Sheraton Bandung. Begitu banyaknya pilihan makanan yang enak tersedia di hotel ini.

Diantara sedemikian banyaknya variasi sarapan yang tersedia. Saya mengusahakan untuk tetap memperbanyak porsi buah dan sayuran. Dan satu hal yang membuat saya senang berada di hotel bintang 5 ini adalah tersedianya pilihan jus dan smoothie yang cukup banyak. Diantaranya smoothie pokcoy+nanas, jus pepaya+jeruk nipis, kemudian jeruk mandarin dicampur buah-buahan lainnya.

Selain berbagai macam buah dan smoothie juga terdapat aneka salad seperti yang ada di foto. Saya merasa sangat dipuaskan dengan banyaknya pilihan buah dan sayur ketika sarapan di Hotel Sheraton Bandung.

tetap sehat walau sedang berlibur 4

3. Berusaha untuk ber-jalan kaki.

Tibalah saat nya bagi kami mengeksplore keindahan Bandung. Salah satu tempat yang kami kunjungi adalah Tebing Keraton dan Curug Dago yang berada diarea Taman Ir. Juanda Bandung.

Untuk menuju ke lokasi Tebing Keraton, perjalanan cukup menantang karena jalannya masih terdapat beberapa lubang. Setelah sampai ditujuan, mobil pun diparkir dan kami pun memilih berjalan kaki daripada menggunakan jasa ojek. Dari area parkir mobil sampai ke puncak tebing keraton saya hitung jaraknya sekitar 1,3 km dan itu kami tempuh dengan berjalan kaki.

Selain berjalan kaki, beberapa pengunjung yang saya perhatikan ada yang mengeluarkan peralatan sepeda dan menanjaki tebing dengan menggunakan sepeda untuk melatih otot-otot mereka. Jadi jika dibilang tidak bisa berolahraga dan tetap sehat walau sedang liburan rasanya tidak sepenuhnya benar.

tetap sehat walau sedang berlibur 3

4. Stretching Ringan selama perjalanan atau pada saat berada di penginapan

Perjalanan dari suatu tempat ke tempat yang lain yang jaraknya cukup jauh membuat tubuh menjadi lelah. Sehingga tidak ada salahnya jika diperjalanan atau setibanya di penginapan kita melakukan stretching ringan. Saya sudah menulis di artikel sebelumnya dan dapat dibaca disini.

Dimana kita bisa berlatih beberapa gerakan di mobil pada saat perjalanan atau di tempat tidur ketika kita sudah berada di penginapan. Dengan gerakan-gerakan sederhana tersebut tubuh kembali segar dan keluhan pegal-pegal dapat kita atasi.

gerakan yoga pada saat travelling 3

5. Tidur yang cukup.

Perjalanan yang melelahkan tetap mengharuskan tubuh kita untuk beristirahat atau tidur yang cukup. Walaupun kadang rasanya sulit diwujudkan, tetapi saya harus tetap memaksakan tubuh saya untuk kembali ke penginapan lebih awal.

Padahal kalau dipikir-pikir banyak bangat wisata malam yang bisa di-eksplore di kota Bandung.

Memilih pulang lebih awal untuk menikmati tidur, rasanya adalah pilihan yang aneh. Tetapi entah kenapa teman-teman seperjalanan saya di langkahkami.com sudah cukup memaklumi nya.

Jika tubuh saya sudah cukup beristirahat di malam hari, saya dapat melanjutkan perjalanan selanjutnya tanpa merasa lelah.

Semoga tips tetap sehat walau sedang berlibur yang saya utarakan diatas dapat membantu teman-teman yang membaca. Sehingga kita tetap dapat menikmati liburan tanpa merasa bersalah walau tidak berdiet dan berolaraga seperti biasa.