Merasakan suasana yoga ditaman terbuka

Merasakan suasana Yoga di taman terbuka, rasanya bukan sekali ini saya lakukan. Beberapa kali saya dan teman-teman sekelas yoga meluangkan waktu melakukan gerakan yoga di ruang terbuka. Seperti misalnya di Kebun Raya Bogor ataupun Taman Mangroove yang ada di Pantai Indah Kapuk.

Karena sesekali menikmati kegiatan olahraga Yoga diluar kelas itu rasanya jauh lebih menyenangkan. Dimana sambil mengeluarkan keringat kita bisa berhubungan langsung dengan alam dan merasakan seluruh panca indera kita bekerja dengan baik.

Kali ini saya bersama tim Langkahkami.com mencoba menyambangi taman-taman yang ada di Jakarta. Sambil melihat situasi taman, kami juga melakukan uji kelayakan apakah taman-taman yang ada nyaman untuk dipergunakan jika kita melakukan olahraga semisal yoga disini.

Memanfaatkan taman sebagai tempat berolahraga.

Kondisi taman yang ada di Jakarta saat ini sangat jauh berbeda jika dibanding dengan beberapa tahun silam. Keberadaan taman saat ini bisa dibilang cukup tertata dengan rapi dan bersih. Walaupun bisa dibilang masih ada beberapa catatan yang harus ditekankan jika kita menilik keberadaan taman tersebut dengan taman yang ada di luar negeri. Ada beberapa standar keamanan dan kenyaman yang mesti harus benar-benar diperhatikan dan diperbaiki.

Terlepas dari semua nya itu, saya masih melihat banyak point positif yang bisa saya ambil ketika tim Langkahkami.com menyempatkan diri menghabiskan masa liburan Imlek menyambangi beberapa taman yang ada.

Pagi-pagi sekali kami memulai perjalanan mengitari Taman Langsat kemudian Taman Ayodya dan berakhir di Taman Menteng dan Taman Suropati. Keempat taman tersebut rasanya sudah mewakili keberadaan taman-taman yang ada di Jakarta.

Sedari pagi saya melihat banyak pengunjung yang datang kesini memanfaatkan taman sebagai tempat olahraga. Bapak dan ibu menemani anaknya sambil menggiring sepeda roda tiga memutari taman. Beberapa kesempatan saya melihat anak-anak remaja janjian dengan teman sebaya mereka dan kemudian berlari-lari kecil.

Sedangkan kami, kebanyakan menghabiskan waktu selama di taman dengan lebih banyak duduk, menikmati suasana sejuk dan hijau yang ada di taman tersebut. Karena saya sudah membawa matras dari rumah, akhirnya saya pun mencoba melakukan beberapa gerakan yoga.

Yoga di taman terbuka

Adapun gerakan yoga di taman terbuka yang sangat keren jika diabadikan dalam foto antara lain adalah:

Boat Pose

yoga ditaman terbuka 1

Twisting Half Moon Pose

yoga ditaman terbuka 2

Urdvha Prasarita Eka Padasana

yoga ditaman terbuka 3

Lord of Dance

yoga ditaman terbuka 5

Lizzard Pose

yoga ditaman terbuka 4

Kelima pose diatas jika diambil dengan latar belakang taman akan terlihat sangat cantik. Hanya memang tetap memperhatikan segi kenyamanan dan keamanan.

Jika kita hendak melakukan gerakan yoga di taman terbuka sekali lagi aspek keamanan dan kenyamanan bersama harus selalu diperhatikan. Jangan sampai demi foto kita merusak sesuatu yang sudah susah payah dijaga. Begitu juga dengan hal menginjak rumput dan memetik tanaman, sebaiknya jangan dilakukan.

Leave a Reply